Bulan Ramadhan

Ramadhan, Ramadan atau Romadhon adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al Qur'an, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Al Qur'an dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri. Kekhususan bulan Ramadhan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Al Qur'an pada surat Al Baqarah ayat 185 yang artinya:

"bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."

Selama bulan Ramadhan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba. berpuasa itu adalah akhir dari bulan Ramadhan dirayakan dengan sukacita oleh seluruh muslim di dunia. Pada malam harinya (malam 1 syawal), yang biasa disebut malam kemenangan, mereka akan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di Indonesia sendiri ritual ini menjadi tontonan yang menarik karena biasanya para penduduk (yang beragama Islam) akan mengumandangkan takbir sambil berpawai keliling kota dan kampung, terkadang dilengkapi dengan memukul beduk dan menyalakan kembang api.

Esoknya tanggal 1 Syawal, yang dirayakan sebagai hari raya Idul Fitri, baik laki-laki maupun perempuan muslim akan memadati masjid maupun lapangan tempat akan dilakukannya Shalat Ied. Shalat dilakukan dua raka'at kemudian akan diakhiri oleh dua khotbah mengenai Idul Fitri. Perayaan kemudian dilanjutkan dengan acara saling memberi ma'af di antara para muslim, dan sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian aktivitas keagamaan khusus yang menyertai Ramadhan.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

8 komentar:

harianku said...

Selamat menunaikan ibadah puasa yah kang.. :)

Ichank said...

Waaaa.. blogspotnya keren.. Aq nyontek dong.

Anthony Harman said...

Selamat menyambut bulan suci ini, kang. Saya sebagai umat non-muslim ikut bersuka cita

pencuri kode said...

selamat menunaikan ibadah puasa bang juned mohon maaf dari seorang pencuri kode..

Tony said...

selamat menunaikan ibadah puasa bagi semua yang menunaikannya :)

Akang dahsyat said...

Selamat berpuasa juga Kang.. semoga puasa kita diterima Allah SWT.. Amiin..

afwan auliyar said...

semoga ramadhan tahun ini lbh baik dr tahun sebelum2nya ... :D

BlogicThink [dot] com said...

:D Kang, maaf baru mampir... baru silaturahmi lagi...
Mahon maaf ya Kang, kalau saya ada salah-salah ucap dan komentar...

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons