Bahaya produk melamin untuk bayi

Belum lama Asia terkena dampak dari krisis ekonomi, dan baru-baru ini negara cina mulai digemparkan dengan beberapa masalah yang terjadi, yaitu produk ber-melamin buatan negara cina yang biasa digunakan bagi para bayi, seperti botol minuman untuk bayi, mainan bayi yang terbuat dari melamin. Memang ini menjadi perhatian pemerintah Indonesia pada saat ini, dan menurut badan Lab UI, zat yang terkandung didalam melamin tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi bayi yang diantaranya mempengaruhi perkembangan otak pada bayi.

Berdasarkan penelitian oleh badan kesehatan Indonesia, hingga saat ini tingkat bayi yang terkena dampak dari zat berbahaya dari bahan ber-melamin tersebut sudah 4 bayi yang meninggal dunia, dan 15 ribu balita yang mengalami penyakit ginjal. Salah satu produk yang sudah diuji oleh dokter di Lab UI tersebut mengemukakan, 'pada botol minuman bayi yang terbuat dari bahan melamin tersebut akan mengeluarkan zat berbahaya jika pada saat kita masukan air panas kedalam botol tersebut, yang mampu merusak sel-sel pada bayi'.

Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa produk ber-melamin buatan cina tersebut sudah lama dikonsumsi oleh penduduk Indonesia, bahkan hingga saat ini masih dijual bebas di pasar tradisional atau pun di swalayan, dengan harga yang cukup terjangkau sehingga menarik para konsumen untuk membelinya, yang tanpa kita ketahui berbagai macam zat berbahaya yang ada pada kemasan tersebut.

Banyak sekali para konsumen yang mempertanyakan dalam masalah ini, mengapa disaat sekian lama kita mengkonsumsi produk tersebut baru digemparkan dengan masalah seperti ini. Terlebih lagi salah satu konsumen memaparkan, bahwa produk ber-melamin tersebut mempunyai logo SNI yang menjadi acuan para konsumen bahwa produk tersebut aman dikonsumsi bagi bayi.

17 komentar:

ugiQ said...

dunia makin gawat aja nich.... kita harus serba hati2, ya nggak kang...?? :) :D

orangndut said...

Wah, musti ati-ati nih buat beli makanan bayi. Meskipun saya belum punya bayi, tapi paling tidak sudah tahu cara mengurus bayi berkat artikel ini.hehehe...thanks ya.

eeda said...

serem sih karena makanan impor cina yg masuk ke sini gila2an. kita ga tau mana yg bermelamin mana yg ga. Jgn2 makanan di chinese food resto juga ga aman gara2 ada melaminnya. Seremmm..mudah2an ga. coz i love chinese food.

Ecko said...

Jangankan untuk bayi, untuk kita yang dewasa saja sangat berbahaya sekali. Gila ya China... :(

Ifoel said...

maka berhati-hatilah dlm memilih kbutuhan tuk si kecil...
jgn coba2... buat si kecil kok coba2...

kaya iklan ya..??
xixixixixixixixi...

budi said...

untung aja bayi ku blom ke dunia nyata

ipung said...

Indonesia kadang saya rasa sebagai tempat penjualan barang-barang tidak layak pakai paling potensial. Apa hal ini disebabkan oleh sifat konsumtif mengikuti tren dari orang Indonesia, jadinya beli produk melamin yang ga food grade walaupun itu berbahaya..

Mungkin orang Indonesia harus mau hidup prihatin ala pendahulunya, agar dapat melihat kehidupan ini dengan lebih jernih dan bisa berbuat hal yang besar seperti mereka :)

Reifand said...

Indonesia selalu telat dalam menindaklanjuti masalah besar seperti ini. Disaat yang lain sudah mencekal, Indonesia masih menjadi penonton. Kasihan bayi2 yang pernah mengkonsumsi susu/makanan import dari china.

nugraha said...

Bisa jadi, karena di Indonesia utk produk impor sangat bebas. Mungkin solusinya adalah mengecek barang2 impor, terutama makanan di tempat bea cukai dgn cara menempatkan lab. khusus penelitian obat dan makanan, biarpun memakan waktu lama utk dpt dinikmati konsumen, yg penting selamat.

nyarinama said...

kang, aku link ya blognya.. (sekalian blog aku juga di link.. he..he..)

Nenad Mohamed said...

jangan-jangan waktu masih bayi dulu..aku termasuk kedalam golongan bayi yang sempat 'bersentuhan' dengan produk yang ber-melamin.Kalo akang sendiri gimana? :D

mig33citeureup said...

Absent hari ini.... :)

Askinas said...

Untung aku ga minum susu bayi =))

persikers said...

waduw dunia makin gila nih, dah tau bahan2 berbahaya masih aja dijual,, Waspadalah2
:D

wie said...

boleh di pakai asal makanan tdk panas atau sdh dingin,yang bahaya kalo makanannya itu panas krn zatnya yang ada di produk itu akan menguap....

lovlycious rain said...

nice info...
terima kasih....

College of Science qassim said...

I'm really enjoying the design and layout of your website.
Qassim & QU

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons