10 pertanyaan sukses dalam wawancara

Kebanyakan dari para pencari kerja gagal dalam proses wawancara karena pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pewawancara ternyata di luar dugaan. Tapi, kebanyakan pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara kerja adalah pertanyaan-pertanyaan yang sudah biasa dan mudah untuk ditebak. Pelajari 10 pertanyaan yang biasa diajukan oleh pewawancara berikut ini, dan cobalah untuk memikirkan jawabannya, agar di proses wawancara kerja berikutnya Anda tidak gagal lagi.

Apa yang menjadi kelemahan Anda?
Ini adalah pertanyaan yang paling menyeramkan. Coba atasi dengan meminimalkan kelemahan dan menekankan kekuatan. Hindari segala hal yang berhubungan dengan kualitas Anda sebagai pribadi, melainkan konsentrasi pada hal-hal yang menunjukkan sikap profesional. Misalnya, "Saya selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi agar bisa lebih percaya diri. Untuk itu saya mengikuti kelas toastmaster yang sangat membantu saya."

Menurut Anda, apa yang mengharuskan perusahaan mempekerjakan Anda?
Rangkum semua pengalaman kerja Anda. "Dengan pengalaman selama lima tahun dalam bidang finansial, dan telah dibuktikan dengan prestasi saya yang bisa menghemat pengeluaran perusahaan, sepertinya saya bisa membuat sebuah perubahan besar di perusahaan Anda. Saya yakin saya bisa menjadi anggota baru yang bisa diandalkan dalam tim."

Kenapa Anda ingin bekerja disini?
Pewawancara ingin mendengar jawaban yang mengindikasikan Anda bisa memberikan sesuatu, bukan hanya karena perusahaan sedang membuka lowongan lalu Anda mengirimkan lamaran saja, seperti mengikuti kuis iseng-iseng berhadiah. Anda bisa menjawab dengan, "saya memilih perusahaan yang misinya sama dengan nilai-nilai yang saya miliki, dimana saya bisa tertarik dengan hal-hal yang dilakukan oleh perusahaan ini, dan perusahaan ini telah berada di urutan paling atas dalam daftar pilihan yang paling saya inginkan."

Apa cita-cita (goal) Anda?
Terkadang, akan lebih baik jika Anda menyebutkan tentang rencana jangka pendek atau menengah yang dimiliki, dibandingkan dengan menyebutkan rencana-rencana jangka panjang. Misalnya, "cita-cita terdekat saya adalah mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang sedang berkembang pesat. Sementara cita-cita jangka panjang saya tergantung pada arah berjalannya perusahaan tersebut. Saya berharap bisa tumbuh dan berkembang, hingga mendapatkan salah satu posisi yang cukup diperhitungkan."

Kenapa Anda berhenti (atau mengapa Anda memutuskan ingin berhenti) dari pekerjaan Anda?
Jika sedang menganggur, nyatakan alasan Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya dalam konteks yang positif : "Saya berusaha untuk bertahan dari dua kali proses pengurangan karyawan di perusahaan yang lalu, namun ternyata di proses yang ketiga, saya termasuk salah satu dari mereka yang masuk dalam daftar pengurangan karyawan."

Jika Anda masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan, fokuskan jawaban pada apa yang Anda inginkan di pekerjaan selanjutnya : "Setelah dua tahun, akhirnya saya membuat keputusan untuk mencari perusahaan yang fokus pada kerjasama tim, dimana saya bisa menambah pengalaman."

Keadaan seperti apa yang membuat Anda merasa puas dalam bekerja?
Pewawancara ingin mengetahui hal yang bisa memotivasi Anda. Jika Anda bisa memberikan contoh pekerjaan atau proyek yang membuat Anda tertarik, maka pewawancara bisa mendapatkan masukan tentang hal-hal yang Anda sukai. Misalnya, "saya sangat nyaman dengan pekerjaan terakhir saya, karena pekerjaan tersebut memungkinkan saya untuk bertemu langsung dengan para pelanggan dan mengetahui apa masalah mereka, dimana hal tersebut menurut saya merupakan bagian terpenting dalam sebuah pekerjaan."

Apa yang bisa menjadikan Anda lebih baik daripada kandidat yang lain?
Apa yang membuat Anda unik? Ini akan memberikan petunjuk tentang pengalaman, kemampuan dan juga sifat Anda. Rangkum dengan singkat, "saya memiliki kombinasi yang unik antara kemampuan teknik yang kuat, dan juga kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan para pelanggan. Ini memungkinkan saya untuk menggunakan pengetahuan dan mengubah informasi yang ada agar lebih user friendly."

Sebutkan 3 hal positif tentang diri Anda yang sering diungkapkan oleh atasan terakhir Anda?
Ini waktunya untuk mengeluarkan hasil evaluasi pekerjaan dan kata-kata positif yang dikeluarkan bos Anda. Ini adalah cara terbaik untuk "menjual diri" melalui kata-kata orang lain. "Atasan saya sering mengatakan saya adalah desainer terbaik yang pernah dimilikinya. Dia tahu bahwa dia bisa bergantung pada saya, dan dia juga menyukai selera humor yang saya miliki."

Berapa besar gaji yang Anda harapkan?
Akan sangat baik jika pewawancara memberitahukan range gaji terlebih dahulu. Tapi, bersiaplah dengan mengetahui standar gaji yang ada di tempat tersebut, dan siapkan juga standar terendah Anda. Satu jawaban yang memungkinkan adalah : "saya yakin, jika waktunya tiba, kita bisa menyepakati jumlah yang masuk akal. Tentunya dalam standar yang biasa Anda bayarkan untuk seseorang dengan latar belakang seperti saya."

Jika Anda ditakdirkan sebagai seekor hewan, hewan apa yang Anda pilih?
Pewawancara menggunakan jenis pertanyaan psikologi seperti ini untuk mengetahui apakah Anda bisa berpikir cepat. Jika jawaban Anda adalah ingin menjadi seekor kelinci, maka Anda adalah orang yang lembut dan terkesan pasif. Tapi jika jawaban Anda adalah seekor singa, maka Anda akan dinilai sebagai orang yang agresif. Jadi semua tergantung dari sifat seperti apa yang diharuskan untuk dimiliki seseorang dengan posisi seperti yang Anda lamar, dan juga kesan seperti apa yang ingin Anda bangun.

Dikutip dari: Media Indonesia

23 comments:

  1. pertama sekali gitu lohhh 8-}
    klo saya pengen jadi burung, saya termasuk kategori apa kang?

    ReplyDelete
  2. setuju deh kang, dan jangan lupa.. perlihatkan antusiasme yang tinggi..
    kalo loyo... siapa mau percaya :D

    ReplyDelete
  3. Wah TIP sukses nih,
    cocok, dan bisa diterapkan.
    Mak yus.....

    Salam kenal

    ReplyDelete
  4. Tips yang bagus mas...kalau saya pingin jadi ibu ramah tangga yang baik aja mas a.k.a mandiri :D

    ReplyDelete
  5. "Berapa besar gaji yang Anda harapkan?" Asal aja pak, asal cukup buat OL 24 jam stiap hari, asal cukup buat beli rumah, asal cukup beli mobil...:))

    ReplyDelete
  6. tambahin atu "napa kamu suka ngeblog" he..he...

    ReplyDelete
  7. Jika Anda ditakdirkan sebagai seekor hewan, hewan apa yang Anda pilih?

    kalo jawabannya buaya darat gmn? hihihi

    nice info, thx :)

    ReplyDelete
  8. Wah, tipsnya menarik nih. Bisa dipraktekkan untuk mencari kerja yang lain.

    ReplyDelete
  9. tipsnya oke niy...
    lumayan buat bekal :p

    ReplyDelete
  10. wah tips yang bagus diterapkan nanti..

    thx telah sudi membagi ilmunya..

    ReplyDelete
  11. Wah buru2 saya print dlu kang, buat arsip klo ada panggilan. Tanks kang

    ReplyDelete
  12. well...
    trik dah ada, tinggal siap2 di praktekin
    :)]

    ReplyDelete
  13. bisa dicoba... hehe.. disave dulu

    ReplyDelete
  14. Hehehe langsung di sedot

    ReplyDelete
  15. masih mikirin skripsi dulu, kerja belakangan hehe :D yang ini disave dulu kali aja bisa dipake buat nglamar mertua :D

    ReplyDelete
  16. wah ini dia nih sangat bermanfaat bagi para lulusan baru.. (kaya' saya inih) =))

    ReplyDelete
  17. Hmmm Nice tips..Bisa jadi bekal buat nantinya..He2x..Pertanyaan yg paling saya suka adalah percis yang di tanyakan kang abi bakar...He2x stuju banget ntu kang!

    ReplyDelete
  18. Bagus juga postingnya. Moga-moga nggak ada HRD yang liat posting ini. Ntar ketahuan kalo yang dijawabkan sudah di-set up sebelumnya :D
    BTW, meski belum bekerja (belum lulus) lumayan juga bisa baca ini jadi kalau wawancara nanti bisa lebih siap. Dari yang saya lihat di posting ini, ternyata banyak dari pertanyaannya membutuhkan kita 'menjual' diri kta, ya?

    ReplyDelete
  19. wah tips mantap nih buat yg mau ngelamar kerja, makasi mas :)

    ReplyDelete
  20. wah aku mah dah gak mungkin diwawancara lagi, dah gak bisa kemana-mana lagi kerjanya. sudah tetap-setetap-tetapnya!

    ReplyDelete
  21. @for all: tanks semua yang udah comment, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua...

    ReplyDelete
  22. weeee....artikelna jd bisa dipakai reference klo mo ada interview an lagi :)

    ReplyDelete