Tangani Keuangan Bersama Pasangan

Masalah uang, memang merupakan masalah yang sensitif, sehingga seringkali orang menghindar dari pembicaraan soal ini. Padahal, bagi Anda yang sudah memiliki pasangan dan berumah tangga, masalah keuangan harus dibicarakan secara terbuka, karena menyangkut masa depan suami-istri dan anak-anak.

Coba bicarakan dan atur masalah keuangan dengan lebih hati-hati dan terbuka. Beberapa hal-hal ini bisa menjadi panduan Anda.
  • Aturlah! Kumpulkan semua dokumen-dokumen yang berhubungan dengan keuangan yang penting dan tempatkan di suatu tempat khusus yang bisa dilihat oleh kedua belah pihak.
  • Lakukanlah pertama untuk diri Anda sendiri dulu. Tulis apa saja pengeluaran Anda. Kemudian setelah Anda melihat seperti apa pengeluaran Anda, alihkan beberapa pengeluaran Anda tersebut untuk ditabung. Lakukan terhadap diri Anda dulu untuk masa depan keuangan Anda.
  • Rencanakan menabung. Mulailah membuat rekening tabungan untuk memenuhi kebutuhan seperti pakaian, liburan, dan asuransi. Rencanakan biaya-biaya untuk masa depan di sepanjang tahun.
  • Buatlah simpanan darurat. Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda membutuhkan dana tambahan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat rekening darurat untuk biaya kehidupan dua atau tiga bulan ke depan.
  • Jangan berutang! Atau jika Anda sudah terlanjur terlibat dengan hutang, segera selesaikanlah dan keluarlah dari lingkaran hutang, dan juga hindarilah kartu kredit. Jika Anda memang harus menggunakan kartu kredit, atur dan batasilah penggunaan kartu kredit Anda.
  • Buatlah tujuan. Putuskan apa yang Anda inginkan terhadap uang Anda. Apakah Anda ingin membeli rumah? Mobil? Biaya sekolah anak? Apapun itu, tuliskan tujuan-tujuan dan strategi-strategi Anda untuk mencapai tujuan ini. Buatlah budget.
  • Asuransi. Asuransikanlah diri Anda, kesehatan, rumah, atau hal-hal lainnya yang dapat menanggung segala kebutuhan hidup Anda. Sebelumnya, cari tahu dan pelajarilah segala sesuatunya mengenai asuransi.
  • Seberapa banyak Anda harus menabung dan/atau investasi? Menabunglah paling tidak 15% untuk setiap pemasukan Anda pada awal-awal pekerjaan pertama Anda. Semakin lama, naikkan persentase menabung Anda.
Pastinya, komunikasi Anda dengan pasangan haruslah tetap baik sehingga segala urusan, termasuk masalah yang paling sensitif seperti ini, dapat diatasi dengan baik.

1 komentar:

proletarman said...

yup intinya mah saling komunikasi..

wah saya belum terbiasa memanage keuangan nih..

thanks buat tips nya.

nice article

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons