A Happy Home

Membangun sebuah keluarga bagaikan membangun sebuah rumah. Harus ada fondasi yang kuat dan kokoh sebagai dasar, agar rumah tersebut dapat bertahan kuat di tengah cuaca yang tidak menentu dan angin kencang.

Begitu pula dalam sebuah keluarga. Anda harus membangung fondasi yang kuat untuk mencapai keluarga yang kokoh dan bahagia. Ada beberapa aspek untuk membangun fondasi tersebut yang bisa Anda perhatikan untuk keluarga Anda.

Komunikasi terbuka. Dalam sebuah keluarga, komunikasi sangatlah penting. Bagaimana anak akan merasa bahagia jika ia tidak bisa mengungkapkan apa yang ia ingin katakan kepada kedua orang tuanya? Komunikasi tersebut harus mulai dibangun sejak kecil. Baik anak dan pasangan harus bisa berkomunikasi dengan baik,sehingga dengan demikian setiap orang tidak menyimpan masalahnya masing-masing dan mencari penyelesaian di luar.

Saling menerima dan mendukung. Penyebab utama stres pada anak adalah tuntutan yang berlebihan dari orang tua. Orang tua yang tidak bisa menerima dan mendukung anak-anaknya, seperti apa adanya mereka, tidak akan bisa menciptakan kondisi keluarga yang bahagia. Begitu juga yang berlaku pada pasangan suami-istri.

Ada rasa aman dan nyaman. Di mana lagi anak-anak-anak dan pasangan akan mendapatkan rasa aman dan nyaman kalau bukan di rumah? Ini adalah hal yang penting, sebab jangan sampai mereka merasa tidak betah di rumah. Kenyamanan di rumah bisa diusahakan dengan berbagai cara. Mulai dari hubungan yang dekat dengan orang tua, komunikasi yang baik, masakan yang enak, kebebasan dalam berekspresi, dan sebagainya.

Bahagia dalam relasi sosial. Jangan remehkan hubungan dengan tetangga dan teman-teman sekitar. Karena relasi sosial membantu Anda dalam hubungan Anda dengan keluarga. Dengan menjalin relasi sosial, maka Anda akan lebih terbuka dan lebih bisa menerima dan mengatasi segala masalah dalam keluarga.

Sehat fisik. Bahagia rasanya jika kita semua tahu bahwa keluarga kita memiliki kesehatan yang baik. Kesehatan merupakan investasi yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, mulailah berikan makanan sehat dan gizi yang seimbang untuk keluarga Anda.

Sehat finansial. Uang memang bukan segalanya, tapi uang memiliki fungsi dan peranan yang cukup besar dalam keluarga. Tak bisa dipungkiri bahwa uang kurang lebih dapat memberikan kesejahteraan dalam keluarga, selama fungsinya tidak berlebihan. Satu hal yang harus Anda perhatikan, jangan sampai besar pasak daripada tiang!

Bahagia spiritual. Libatkan anggota keluarga Anda dalam kegiatan kerohanian bersama-sama. Misalnya saja beribadah bersama, atau berkumpul bersama ketika hari besar kerohanian.

Terlepas dari itu semua, definisi keluarga yang bahagia bukanlah keluarga yang tanpa masalah. Keluarga yang bahagia adalah keluarga yang bisa mengatasi masalah yang ada bersama-sama, dan tetap menjaga keutuhan keluarganya.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons