Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Merawat dan menjaga rambut agar tetap indah tidak hanya dengan rajin keramas dan menggunakan kondisioner. Untuk mendapatkan rambut sehat dan indah, tidak hanya perawatan di kamar mandi saja yang perlu diperhatikan, Anda juga perlu melirik ke dapur.

Setiap sel rambut kita yang tumbuh tergantung juga pada nutrisi yang kita makan. Jika makanan yang kita konsumsi tidak cukup nutrisi, maka sel-sel rambut kita pun akan rusak. Lalu, makanan sehat apa saja yang diperlukan untuk menutrisi rambut?

1. Salmon
Kandungan omega-3, vitamin B-12 dan zat besi yang terkandung di dalam Salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Kekurangan zat-zat tersebut bisa membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering, membuatnya tampak botak.

2. Sayur-sayuran berwarna hijau tua.
Sayur-sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, brokoli, lobak Swiss, adalah sumber terbaik dari vitamin A, C, dan zat besi dan kalsium, yang diperlukan untuk memproduksi sebum. Sebum merupakan substansi minyak yang dihasilkan oleh folikel rambut yang merupakan pelembab rambut alami.

3. Buncis
Buncis tidak hanya mengandung banyak protein untuk mempercepat pertumbuhan rambut, tetapi juga mengandung banyak zat besi, zinc, dan biotin. Kekurangan biotin akan menyebabkan rambut mudah rusak.

4.Kacang-kacangan
Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang berkilau, makanlah banyak kacang-kacangan. Walnut mengandung asam alpha-linolenic, sebuah asam lemak omega-3 yang dapat membantu melembabkan rambut Anda. Kacang-kacangan seperti cashew, pecans, dan almond, juga merupakan sumber zinc yang baik. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kerontokan rambut.

5. Produk-produk unggas dan telur
Semua produk unggas merupakan sumber protein yang baik untuk Anda mendapatkan rambut yang sehat. Kekurangan atau rendahnya kualitas protein pada tubuh Anda dapat menjadikan rambut rapuh dan kehilangan warnanya. Telur juga mengandung biotin dan vitamin B-12.

6. Biji-bijian
Anda bisa mengonsumsi roti gandum dan sereal sarapan pagi yang sudah diperkaya oleh gandum, untuk mendapatkan rambut yang sehat. Biji-bijian dan gandum mengandung zinc, zat besi, dan vitamin B. Selain itu, camilan gandum juga merupakan makanan yang terbaik ketika energi Anda terkuras setengahnya di sore hari.

7. Oyster
Oyster memiliki reputasi sebagai zat aphrodisiac, yang terkenal sebagai zat cinta. Namun tidak hanya itu, oyster juga mengandung zinc, antioksidan yang hebat.

8. Produk susu yang rendah lemak
Produk susu yang rendah lemak seperti susu skim dan yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik. Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut.

9. Wortel
Wortel merupakan sumber yang hebat akan vitamin A, yang baik tidak hanya untuk penglihatan, tetapi juga dapat membuat kulit kepala sehat.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan rambut yang sehat, maka jagalah juga pola makan Anda agar tetap seimbang. Perhatikan makanan yang mengandung zat-zat seperti kalsium, zinc, asam lemak omega-3, dan vitamin A. Dan biasanya pola makan yang rendah kalori juga memiliki kandungan yang rendah akan zat-zat yang penting untuk rambut tersebut.

Tentunya Anda menginginkan rambut yang sehat, berkilau dan bebas dari kebotakan, bukan? So, have a healthy diet, lady!

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons