Masalah di bagian ketiak

Ketiak yang menghitam pastinya membuat Anda tidak percaya diri saat akan menggunakan pakaian tanpa lengan. Bermacam-macam cara dilakukan untuk mendapatkan ketiak putih dan mulus.

Menurut beberapa hasil survey, secara fisik kulit di area ketiak memiliki pigmen yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Inilah yang menyebabkan tampilannya lebih gelap. Ketidak seimbangan hormon juga merupakan salah satu penyebab menghitamnya daerah ketiak.

Selain faktor genetik, kulit ketiak juga dapat berubah warna karena reaksi zat merkuri yang terkandung pada deodoran jenis roll-on. Deodoran yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan iritasi sehingga terjadi hiperpigmentasi yang berakibat pada hitamnya daerah ketiak. Karena itu, Anda harus lebih selektif memilih deodoran.

Kebiasaan mencabut bulu ketiak juga menyebabkan kulit di bagian lipatan berwarna lebih gelap. Begitu pula dengan mencukur hingga habis. Mencukur bulu ketiak mengakibatkan kulit iritasi dan kehilangan kadar airnya. Apalagi jika pisau cukur Anda tidak tajam.

Beberapa tips untuk mencerahkan kembali kulit ketiak Anda:
  • Untuk mencerahkan warna gelap di area tersebut, rajin-rajinlah melakukan scrubbing agar sel-sel kulit mati terangkat.
  • Selalu bersihkan sisa-sisa deodoran di area ketiak setiap hari dengan sabun atau susu pembersih. Agar semakin efektif, oleskan yoghurt tanpa rasa di kulit ketiak agar sel kulit matinya terangkat.
  • Pilih produk dengan kandungan minyak bunga matahari dan glycerol yang berfungsi sebagai pelembab (terutama untuk Anda yang berkulit sensitif)
  • Cuci ketiak Anda dengan campuran parutan ketimun yang dicampur dengan buah lemon selama 20 menit. Setelah itu cuci dengan air hangat.
  • Anda dapat pula menggunakan tawas yang telah direndam dalam air hangat lalu dioleskan tipis-tipis ke ketiak Anda. Selain dapat memutihkan ketiak juga dapat menghilangkan bau badan tak sedap.
  • Setiap mau mencukur bulu ketiak, pastikan pisau cukur bersih dan tajam. Lalu, gunakan shaving cream dan cukur satu arah agar tidak iritasi. Ingat setelah lima kali pemakaian, gantilah pisau cukur Anda.


0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons