Buying a dream

Kita sering melihat orang yang penghasilannya biasa-biasa saja namun mampu membeli semua hal yang mereka impikan. Namun banyak pula kejadian dimana mereka yang berpenghasilan besar justru tidak dapat membeli apa yang mereka impikan, bahkan tidak sedikit yang merasa kekurangan.

Sebenarnya penghasilan besar maupun kecil tidak menjadi jaminan seseorang dapat membeli apa yang mereka impikan. Karena pola yang biasanya terjadi adalah, penghasilan yang besar akan diikuti dengan pengeluaran yang semakin besar pula. Kuncinya hanya satu, yaitu melakukan perencanaan keuangan.

Ada dua hal yang harus diketahui untuk bisa membeli sebuah mimpi. Yaitu bagaimana mendapatkan penghasilan dan bagaimana mengelola penghasilan tersebut.

Ada seseorang yang berpenghasilan pas-pasan dan bertanya bagaimana mampu menghidupi keluarga sambil membayar hutang yang menumpuk. Jawabannya memang menambah penghasilan. Jika Anda salah satu orang yang berpenghasilan kecil, jangan salahkan penghasilan itu, carilah sumber penghasilan lain. Bisa dengan membuka usaha sendiri atau mencoba berinvestasi. Yang terpenting adalah perdalam pengetahuan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Setelah mendapatkan penghasilan, hal kedua yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari bagaimana mengelola penghasilan tersebut. Banyak orang yang memiliki penghasilan besar tapi penghasilannya seperti tidak terasa dan selalu habis. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana mengelola penghasilan yang didapatkan.

Anda dapat memulainya dengan merencanakan terlebih dahulu apa saja yang akan dikeluarkan dalam satu bulan dengan penghasilan tersebut. Lunasi semua kebutuhan pokok yang harus dibayar, misalnya tagihan listrik, telepon, membayar premi asuransi hingga pembayaran kartu kredit. Jangan membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena tidak mampu menahan godaan untuk membelinya.

Jangan sampai penghasilan yang didapatkan - entah itu besar atau kecil - habis begitu saja untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu.

Tabunglah penghasilan Anda, namun bukan sisa dari penghasilan. Tetapi sebelum menggunakannya, sisihkan sedikit untuk ditabung. Klasik memang, namun semakin banyak Anda menabung semakin banyak pula uang yang bisa disimpan.

Setelah mengetahui kuncinya, yang harus dilakukan adalah melakukan prioritas-prioritas pengeluaran yang dianggap paling penting sampai pada pengeluaran yang tidak terlalu penting. Jangan lupa mendahulukan kebutuhan daripada keinginan, dan waspadai juga pos-pos pengeluaran yang berpotensi untuk jadi besar kalau tidak dijaga dengan baik. Mudah-mudahan dengan cara-cara seperti itu, Anda bisa lebih berhasil dalam mengelola keuangan. Dan bisa mewujudkan mimpi-mimpi Anda.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons