Sendiri bukan berarti kesepian

Selama ini Anda hidup dikelilingi oleh keluarga, sahabat dan teman. Namun, ada masanya dimana Anda harus berada seorang diri tanpa teman, baik di sebuah pesta atau acara lainnya. Meskipun sendirian bukan berarti harus kesepian dan akhirnya menutup diri. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam kesendirian.

1.Saat ada undangan pesta baik itu dari teman kuliah, teman satu klub ataupun teman milist dan Anda terpaksa datang sendirian tanpa teman. Banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya adalah:

  • Pilihlah tempat "bertengger" di dekat area logistik. Di tempat ini kesibukan biasa terjadi sehingga tenaga ekstra sangat diperlukan. Jangan sungkan untuk membantu, karena ini bisa dijadikan media untuk berkenalan dengan orang-orang disekitar.
  • Cobalah untuk men- scan orang-orang yang hadir siapa tahu ada yang Anda kenal. Jangan ragu untuk hampiri dan menegurnya. Jika memang tidak ada orang yang familiar, mintalah tuan rumah untuk memperkenalkan diri Anda kepada para tamunya. Setelah itu berbaurlah dalam suasana pesta.
  • Lupakan dulu diet Anda dan hampirilah meja makan. Dalam sebuah pesta, yang namanya meja makan tentu akan dihampiri oleh setiap orang. Anda dapat berkenalan dengan salah satunya, dan pembicaraan pun akan berjalan lancar dan menarik karena dilakukan sambil makan.
2. Nonton film atau ke konser sendirian, bukan berarti Anda menjadi orang hilang atau tak punya kawan. Pergi sendiri ke acara-acara tersebut, juga menyenangkan bila Anda tahu tips dan triknya.
  • Tidak perlu berkeliaran terlalu lama dan berbasa basi, jika tiket sudah ditangan dan acara sudah dimulai, langsung saja menikmati acara tersebut.
  • Di bioskop, saat sedang sendirian, Anda dapat pindah tempat duduk jika si tetangga berisik atau menggangu. Dengan satu syarat bioskop tidak sedang penuh.
3. Ada kalanya, Anda bekerja di sebuah perusahaan dalam satu departemen yang sangat kecil dan tak butuh banyak orang, tak jarang membuat Anda harus bekerja sendirian.
  • Tuntaskan semua pekerjaan yang diberikan hingga waktu luang yang tersisa hanya sedikit. Setelah itu pelajarilah berbagai hal dari buku-buku ataupun internet. Sehingga Anda merasa tidak sendirian dan pengetahuan juga bertambah.
  • Aktif menjalin hubungan dengan semua orang dari departemen lain. Meskipun Anda berada di ruangan terpencil, akan tetap ada rekan yang mengajak Anda untuk makan siang.
4. Mendapat tugas ke negara asing atau pindah ke suatu negara yang lebih maju untuk melanjutkan pendidikan adalah cita-cita semua orang. Namun, saat baru pertama kali pindah, pastinya perasaan Anda campur aduk antara senang dan khawatir akan kesepian.
  • Kuasai bahasa dan budaya dari negara yang akan Anda tuju. Jika hal itu sudah di tangan, jangan ragu untuk mencari teman dari beragam budaya yang dapat di temui di mana saja.
  • Kunjungi asosiasi warga negara Indonesia di negara tersebut untuk menambah teman. Awalnya dapat Anda cari melalui internet lalu bergabunglah dalam mailing-list dan ajaklah mereka untuk bertemu.
  • Minta tolong kepada teman Anda yang telah lebih dahulu tinggal di negara tersebut, untuk memperkenalkan kepada teman-temannya.
5. Ketika sedang melakukan perjalanan seorang diri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak merasa sendirian.
  • Bawa buku atau majalah favorit, jika ingin praktis, download e-book dipiranti canggih Anda.
  • Internet forever, jika ponsel Anda bisa terkoneksi dengan internet, diperjalanan Anda bisa memanfaatkannya untuk membaca berita, menonton televisi, mengecek account facebook atau melakukan transaksi online.
  • Blackberry si teman setia, kalau anda punya Blackbery, manfaatkan waktu menunggu untuk membalas semua e-mail yang masuk. Jika semua e-mail sudah habis dibalas, bikin saja e-mail iseng untuk teman-teman dekat.
  • Corat-coret kreatif. Selalu letakkan satu notes kecil di dalam tas. Saat kesepian menghadang, Anda bisa melakukan corat-coret apa saja pada notes ini. Baik itu menggambar, menulis ide, atau to-do-list.
  • Perhatikan sekeliling. Mencari inspirasi bagi pekerjaan atau diri sendiri bisa di lakukan dengan memperhatikan lingkungan. Tingkah laku manusia atau kondisi sekeliling bisa memberikan ilham kreatif.
So, walaupun sedang sendirian, bukan berarti harus kesepian kan?

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons