Merawat kuku agar tetap sehat

Kuku memang tak seperti wajah atau rambut yang melulu diperhatikan setiap harinya. Namun bukan berarti bagian yang satu ini jadi terlupakan. Tak ada salahnya menyisihkan waktu untuk merawat kuku Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan kuku yang sehat dan cantik.

1. Gunting dan bersihkan kuku dengan periode tertentu secara rutin misalnya seminggu sekali. Ini bertujuan agar kuku tetap bersih dan terhindar dari penyakit.

2. Untuk mendapatkan bentuk kuku yang indah dan menghindari kuku tumbuh tak beraturan gunakanlah gunting khusus waktu memotong kuku. Lalu gunakan nail file yang bergerigi halus. Gerakkan nail file dari arah pinggir ke tengah kuku.

3. Agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, gunakanlah belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Dapat juga direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan.

4. Hindari penggunaan cat kuku berwarna pink salem. Karena warna tersebut tampak berlebihan dan bisa membuat kuku jadi tak menarik. Pilihlah warna kuku yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Namun bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi dengan warna.

5. Agar cat kuku yang Anda gunakan awet, pakailah base-coat terlebih dahulu lalu aplikasikan dua lapis cat kuku tipis-tipis. Biarkan lapisan pertama mengering dengan baik sebelum mengaplikasikan lapisan kedua agar tak menggumpal.

6. Bintik putih akan timbul pada kuku saat terkena tekanan keras atau terdapat udara yang terperangkap. Bintik putih itu dapat disamarkan dengan cat kuku warna nude. Jika Anda tak suka warna itu, hilangkanlah dengan air jeruk. Caranya rendamlah tangan ke dalam air hangat yang telah diteteskan air jeruk nipis selama 15-20 menit. Karena air jeruk mengandung astringent yang dapat menghilangkan warna kusam pada kuku.

7. Agar cat kuku tercampur dengan baik, gulungkan botol cat kuku di antara kedua telapak tangan. Jangan mengocoknya dari atas ke bawah karena akan menimbulkan gelembung udara.

8. Jangan terlalu sering menggunakan cat kuku, berilah waktu kuku Anda satu hari untuk beristirahat setelah seminggu penuh menggunakan cat kuku. Jika tidak dampaknya akan membuat kuku Anda berwarna kuning dan rapuh.

9. Begitu pula dalam penggunaan nail buffer, jangan dilakukan terlalu sering karena itu akan membuat kuku menjadi tipis. Tetapi jika Anda memoles kuku selama dua menit dan dilakukan sekali dalam seminggu, proses ini akan memperlancar aliran darah dan oksigen ke kuku sehingga tetap kuat.

10. Jika Anda Terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga yang dapat membuat kuku dan telapak tangan menjadi kasar. Coba lakukan proses berikut ini, rendam tangan ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit.

11. Untuk mencegah kuku dari kekeringan berikanlah krim khusus untuk kuku dan jangan menggunakan penghapus kuteks yang mengandung bahan kimia.

12. Tidak hanya perawatan dari luar saja, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan cara meminum susu secara rutin. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat. Apabila kuku kita bersih, kesehatan kita pun akan lebih terjamin.

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons