Mengatasi komedo di wajah anda

Selain jerawat, yang paling sering dikeluhkan oleh wanita masalah komedo. Hidung merupakan “tempat favorit” tumbuhnya si “hitam” kecil itu. Komedo memang tak menimbulkan apapun selain menggangu penampilan. Tapi Anda tidak mau kan jika harus keluar rumah dengan hidung penuh bintik-bintik hitam.

Komedo dikatakan sebagai struktur, tahap atau bentuk awal dari jerawat. Komedo terbentuk karena penyumbatan saluran kelenjar minyak yang disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo dapat dibagi menjadi dua yaitu whitehead dan blackhead.

Whitehead merupakan komedo tertutup, yaitu gumpalan massa sebum yang terjadi dibawah permukaan kulit. Terlihat seperti titik putih kekuningan. Permukaannya tertutup oleh epitel kulit yang membuatnya sulit untuk dikeluarkan. Sedangkan blackhead adalah komedo terbuka yang terdiri dari gumpalan massa sebum yang tampak seperti titik hitam pada permukaan kulit wajah dan tidak tertutup oleh epitel kulit, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Komedo bisa tumbuh karena tidak terjaganya kebersihan kulit wajah akibat polusi dan kelembapan udara terutama udara panas. Juga karena penyumbatan pori-pori akibat kotoran ataupun kosmetik. Ke semua itu dapat mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak kulit menjadi lebih aktif, sehingga membantu pertumbuhan komedo.

Untuk mengusirnya dari wajah, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Bersihkan wajah dengan belimbing wuluh yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam. Bubur belimbing wuluh ini akan memberikan rasa sejuk dan memperkecil pori-pori kulit.

2. Cuci wajah dengan sabun wajah yang disesuaikan dengan jenis kulit. Pilih yang mengandung ekstrak kenanga untuk kulit normal, ekstrak mawar untuk kulit kering atau ekstrak bunga tanjung untuk kulit berminyak

3. Bersihkan wajah dengan scrub, atau sabun muka yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) atau AHA/BHA

4. Bersihkan wajah dengan scrub 2 kali seminggu, bilas dengan air dingin atau gunakan toner untuk merapatkan pori-pori.

5. Kulit wajah yang berkomedo biasanya adalah kulit yang berpori- pori besar hingga mudah ditumbuhi jerawat. Facial adalah langkah tepat untuk mengatasinya. Lakukanlah facial setiap 2 minggu sekali. Tetapi jika komedo terlihat cukup banyak, facial dapat dilakukan seminggu sekali namun kurangi porsi massage saat facial agar kelenjar minyak tidak semakin aktif dan membuat pori - pori cepat terisi komedo lagi. Selain itu, jaga kebersihan kulit. Bersihkan setiap pagi dan malam hari setelah beraktivitas.

6. Jika komedo membandel, Anda memang harus mengeluarkannya secara paksa dengan sendok una (alat ungkit komedo) atau plester pore strips.

So, say no to komedo!

3 komentar:

Petani Internet said...

Wah masalah Kecantikan rasanya aku baru menemukan tempatnya disini.
Cocok ini untuk mbak-mbak dan ibu ibu agar selalu cantik bugar dan selalu cinta.

Salam sukses

sawali said...

tips yang oke banget, nih, mas. sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin tampil dg wajah yang fresh ....

juned said...

@petani: ibu nya diajarin yah mas :P
@ sawali : tanks mas sawali..

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons